Gubsu dan Wali Kota Medan Resmikan Nama Jalan Dr Drs H Ibrahim Sinik

Gubernur Ir Tengku Erry Nuradi dan Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin, Senin (27/2) meresmikan nama Jalan Dr Drs H Ibrahim Sinik yang berlokasi di sepanjang persimpangan Jalan Thamrin sampai persimpangan Jalan AR Hakim.  Sebelumnya Jalan tersebut merupakan bagian dari Jalan Sutrisno yang termasuk kawasan kecamatan Medan Area.

Penabalan nama tokoh pers Sumut itu menindaklanjuti usulan PWI Sumatera Utara, surat rekomendasi dari DPRD Medan, termasuk usulan dari keluarga almarhum Ibrahim Sinik. Setelah melalui berbagai pertimbangan akhirnya Wali Kota Medan menerbitkan Surat Keputusan No 620/009/2018 tentang Perubahandan Penabalan Nama Jalan di Kota Medan tanggal 11 Januari 2017. 

Dalam sambutannya, Wali Kota mengungkapkan penetapan nama Jalan Dr Drs Ibrahim Sinik ini merupakan apresiasi Pemko Medan atas perjuangan dan pengabdian Ibrahim Sinik untuk memajukan Medan melalui fungsi jurnalistiknya. 

Di hadapan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandi Nugroho Sik MHUm, Dandim 0201/BS Kolonel Infantri Bambang Herqutanto,  tokoh masyarakat Drs H Abdillah Ak MBA dan segenap tokoh pers di Medan, Eldin mengungkapkan keberhasilan pembangunan kota tidak terlepas dari upaya bersama dan perjuangan pada pendahulu. Salah satunya adalah Dr Drs H Ibrahim Sinik. 

Wali Kota menilai, Ibrahim Sinik adalah sosok yang memilik jiwa kebangsaan dan pejuang pers yang tidak pernah lelah menyuarakan kebenaran. Ibrahim Sinik juga terkenal dengan tulisan-tulisannya yang keras dalam melawan paham komunisme. 

“Semasa hidupnya, beliau juga terus mengikuti perkembangan pembangunan Indonesia, Medan khususnya, melalui tulisan-tulisannya di media massa. Selain itu, dia juga aktif di berbagai organisasi dan mendirikan surat kabar Medan Pos yang kita ketahui sebagai media massa yang cukup bergengsi,” nilai Eldin. 

Pada tempat sama, Gubsu Ir Tengku Erry Nuradi menyambut baik penabalan nama Jalan Dr Drs H Ibrahim Sinik ini. Ini merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap jasa-jasa almarhum dalam dunia jurnalistik. Dan Gubsu juga mengingatkan bahwa almarhum juga merupakan tokoh perfilman di Sumatera Utara yang telah menunjukkan kiprahnya, bahkan pernah menjadi produser film “Batas Impian”. 

Dia mengharapkan, penabalan nama Jalan Dr Drs H Ibrahim Sinik ini menjadi momen untuk memperkenalkan generasi muda sebagai salah satu tokoh pers di Sumatera Utara. Menurutnya, generasi muda harus mengenal dan menghargai jasa para tokoh pers yang telah berjuang melalui tulisan-tulisannya. 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

0Komentar

Leave comment